tabung nak gi haji

orang-orang bijak pandai

Wednesday, April 27, 2011

tido dlm gelap best...


Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

by Duniabundaku on Monday, September 27, 2010 at 9:07pm
Tidur adalah kegiatan yang membuat diri kita segar kembali. Rasa lelah kita akan hilang jika lenyap jika kita telah tidur yang cukup. Namun siapa yang tahu kalau tidur yang cukup itu belum cukup jika tidak melakukan tidur yang sehat. Tidur yang sehat memiliki beberapa syarat, salah satunya dengan mematikan lampu ketika kita tidur. Kenapa? Karena tidur dengan lampu menyala akan beresiko terkena penyakit leukimia. Para ilmuwan berpendapat bahwa tubuh memerlukan suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia untuk melawan kanker. Karena lampu yang menyala dapat menghentikan produksi zat melatonin.
Prof. Rusle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian, mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit, otak anda akan langsung mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin akan menurun. Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London menyatakan bahwa orang yang menyalakan lampu saat tidur pada malam hari lebih besar peluangnya terkena kanker.
Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam sampe dengan jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.
Pada kenyataannya, orang-orang buta yang tidak rentan terhadap melatonin, memiliki resiko yang lebih rendah terhadap kanker. Maka, para orang tua disarankan untuk menggunakan lampu yang suram atau berwarana kuning jika anak-anaknya takut akan kegelapan.


No comments:

Post a Comment

kalau korang rasa korang sweet sila komen....